Wednesday, November 26, 2008

Software Peramalan dibidang Pertanian


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Beberapa Waktu yang lalu Balitbang Prop. Jatim memberikan wawasan tentang hal-hal yang bisa digunakan sebagai kerjasama dibidang penelitian.

Ada baiknya untuk kita coba membuatnya.....
Peramalan hasil panen pada tanaman xyz pada lokasi xyz ...

Abstraknya:
Saat ini di Indonesia masih terjadi kecenderungan untuk menanam tanaman yang sama dengan musim sebelumnya. Artinya kalo biasanya menanam kol, bawang merah seterusnya akan menanam seperti itu. Suatu lokasi sentra mangga juga akan menanam mangga... terus.. apel.. ya apel.. terus...dst... padahal kalo ditilik dari kemiringan tanah, suhu, cuaca, ada kemungkinan lokasi tersebut bisa ditanami tanaman yang lain, sehingga bisa lebih menguntungkan.

Kalo tanamannya diganti dengan tanaman yang lain, kekhawatiran untuk terjadi penurunan keuntungan membuat pemilik lahan marasa gamang. Kecuali jika sudah ada software peramalan, sehingga bisa memberikan pandangan dan wawasan yang berbeda, maka bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi pemilik lahan.

Peramalannya bisa menggunakan metode macam2... Ayo pelajari tentang Peramalan... Bukunya ada koq di perpustakaan Teknologi Industri. Gedung I lt 2.

Wa'alaikum Salam Wr.Wb

No comments: