Thursday, December 11, 2008

Oleh-oleh Monev DM 2008

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Tadi barusan balik dari ITS untuk menghadiri Undangan Monev (Monitoring dan Evaluasi Dosen Muda 2008).
Dari Auditorium Teknik Kelautan, kita kebetulan kelompok 1 digiring ke Auditorium LPPM depan Rektorat.

Lalu, satu persatu diundang maju kedepan revier. Kali ini tanpa presentasi slide, so... aku jadi kecele.... tiwas bawa laptop. Berat Bok...
Makasiy mbak farida FTI yang uda rela bantuin aq bawa buku2 yang berat.

Semalem dateng ke RS PHC untuk nanyain tentang terakhir program penelitianq. Ketemu ma Donny yang bantuin penelitianq. Ngobrol2 tentang penelitianq dan coba install lagi di laptop yang akan aq buat presentasi besok. Mungkin sampai rumah jam 23:30 cape, pegal, penat dan pusing sekali kepalaku... rasanya engga bisa ditahan...yah..buat tidur aja..

Namun, dipengalaman yang pertama pada saat Monev ini ada beberapa informasi yang baru aq tahu. Ya...ini karena pada saat sosialisasi aq sering engga datang atau gimana ya...

Pada saat mengumpulkan Dosen Muda pada bulan Januari 2007, karena setahuku entar ditanya tentang Publikasi, maka ketika ada kesempatan publikasi ke UI aq berangkat dengan temaku yang ini. Saya pikir ini benar... dan juga sampai kemarin ketika aq dapat pengumuman hibah..belon ada pengumuman sudah aq masukkan ke call for paper di ITS.

Nah.. seharusnya kata bapak Reviewernya (*ya aq harus mengakui kesalahan atas missunderstanding-qu ini hehe... entar egga diulangi lagi*) kalau Setelah ada pengumuman Penelitian diterima baru di Publikasikan, kalau sebelum pengumuman trus dipublikasikan dan sudah ada hasilnya, maka uang pencairan dananya ini dibuat apa? tanya bapak reviernya..

Saya jawab gini, tentang publikasinya mungkin saya salah persepsi krn ini pengalaman pertama dan kebiasaan saya untuk tidak pernah menunda kerjaan, palagi ada kesempatan emas untuk ke UI depok. Kapan lagi...Kalau nunggu penelitian kelar iya kalo ada call for papernya yang bagus, harus nunggu la-an.

Yah..kata dosen2 yang lain, emang prosedur nya gitu, meski uda ada hasil penelitiannya, jangan dipublikasikan dulu, krn dipikir hasil dari publikasi ini menjadi bahan referensi untuk penelitian yang ini.

Kemudian saya jawab lagi, dana penelitian yang telah diberikan digunakan untuk penelitian lanjutan, krn dalam membuat sofware tidak bisa langsung digunakan.

Ada Tahapan Analisis, baik data, sistem, metode, mekanisme
Ada Desain, Database, Interface, Requirement Pengguna apakah sudah sesuai
Ada Uji coba kelompok kecil, Uji coba kelompok besar, Uji coba ke pengguna, Evaluasi dst..
So.. alhamdulillah alasanqu bisa diterima karena emang pada dasarnya pada saat kita membuat software hasilnya belon bisa langsung diterapkan, namun harus diuji coba dulu.

Itu aja pertanyaannya dari Reviwernya, Alhamdulillah...
Ini adalah the first experience, moga berguna bagi yang membaca...intinya kalo ada sosialisasi apapun, jangan ampe ditinggalkan tar nyesel belakang hari, krn sosialisasi ini prosedur yang memang uda di standarisasi.

So para mahasiswa, kalo dosennya sedang menghadiri sosialisasi harap maklum kalau kuliah ditunda, diganti hari or others karena semua itu demi kebaikan bersama.

Ada lagi pertanyaan Reviwer yang menurutq unik...
"Ini berarti penelitiannya sudah ada dulu, baru dibuat proposalnya, karena anda sudah membuat publikasi".

Lalu dengan jujur saya mengatakan "Iya.." (memang harus jujur ya....engga biasa bo'ong),
karena saya mempunyai database kandidat riset yang akan saya kirimkan, yang saya anggap bagus uda saya koleksi. Jadi saya tidak ingin mengirimkan proposal penelitian yang belon dibuat alias mengambang. Karena pertanggung jawabannya bakalan ribet.

Rasanya semua dosen ya gitu koq..ya.. bukan cuma ogut aja....
ya mungkin karena ada prosedurnya, jadi ada yang harus di suspend dulu...jangan diliatin real word dan terang-terangan.... (*oh..gitu..jadi bingung*).

makanya jangan lewatkan sosialisasi !
Wa'alaikum Salam Wr.Wb

No comments: